Medan Retweet
 
Picture
Foto : Muslim Ramli/SuaraUSU
Oleh Debora Blandina Sinambela / Muslim Ramli


USU, suarausu-online.com --Menjelang berbuka puasa, puluhan pedagang makanan mulai padati pintu IV  kampus USU. Mereka mulai membuka dagangannya sekitar pukul 15.00 WIB. Suwendi, salah seorang pedagang bubur mengatakan ini merupakan rutinitasnya selama bulan Ramadhan. “Saya sudah tiga tahun jualan di sini, istri saya juga gitu,” ujarnya saat ditemui Sabtu, (21/7).


 
Laporan wartawan Tribun Medan/ Irfan Azmi Silalahi

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Sekitar 1500 orang anak yang ditemani orangtua masing-masing hadir di kampus Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) Jalan Karya Bhakti, Medan, Minggu (24/6/2012).

Dari Berbagai kecamatan yang ada di kota Medan, ribuan anak tadi hadir dalam rangkaian khitan massal yang dilaksanakan fakultas kedokteran UISU.

"Ini bukan masalah senang atau tidaknya kami meng-khitan anak. Tetapi khitan massal sudah menjadi tradisi yang bisa kami perbuat untuk masyarakat. Paling tidak kami bisa membantu biaya karena seluruh proses yang dijalankan di sini full free," ujar Pembantu Dekan III Fakultas Kedokteran UISU, Saiful Batubara.

Dimintai keterangannya lebih lanjut, Saiful menjelaskan khitan massal yang mereka laksanakan hari itu ia prediksi terbesar yang dilaksanakan di kota Medan. Menerima pendaftaran peserta khitan sebanyak 4000 orang pada tiga bulan lalu,di hari pelaksanaannya mereka ternyata hanya mampu mengakomodir 1500 orang anak.(Irf/tribun-medan.com)

Penulis : Irfan Azmi Silalahi
Editor : Wiwi
Sumber : Tribun Medan
 
Laporan Wartawan Tribun Medan/Silfa Humairah

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN
 - Puluhan siswa antusias menyambut kedatangan Unit Kegiatan Mahasiswa Lembaga Pers Mahasiswa (UKM-LPM) Teropong Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Road to School  untuk memberi pelatihan jurnalistik dan dasar-dasar menulis di SMA N 7 Medan, Jalan Timur Ujung, Rabu (25/4/2012).

Bertema Menulis menuju Prestasi, Road to Scholl ke SMA N 7 yang menjadi salahsatu program kerja tahunan Divisi Perusahaan di Teropong bertujuan mengenalkan ilmu Jurnalistik ke siswa SMA.

Pimpinan Perusahaan Teropong Siti Isnayni Noor mengungkapkan kegiatan ini sudah menjadi progja tahunan di Teropong khususnya divisi perusahaan memperkenalkan kepada para siswa-siswi SMA di Medan tentang jurnalistik dan juga untuk membekali para siswa yang pada saat ini di SMA N 7 bagaimana cara mewujudkan keinginan menulis. 

"Ini salah satu progja, dan siswa antusias mengikutinya, kami berharap ini bermanfaat untuk menyalurkan bakat mereka di bidang jurnalistik," ungkapnya.

Ketua panitia Road to School, Vilisya Bening menyampaikan bahwa kegiatan tersebut dirancang khusus kepada para siswa SMA yang belum terlalu mengenal dunia jurnalistik. "Kita rancang, sengaja kita pilih sekolah yang belum ada organisasi jurnalistiknya. Sehingga disini kita akan beri pelatihan tentang dasar, prinsip dan keuntungan dari menulis. Dan selanjutnya kita juga memberikan pengertian tentang apa itu jurnalistik, sehingga mereka bisa bila mau membentuk tim menulis atau jurnalistik seperti pers siswa di sekolahnya," ungkapnya.

Dia menambahkan bahwa untuk pemateri dalam pelatihan tersebut adalah crew teropong. "Pematerinya juga dari Teropong, sehingga ini juga kami lakukan sebagai ajang pelatihan bagi crew Teropong sendiri untuk dapat maju, atau berani," jelasnya lagi.

(Cr1/Tribun-Medaan.com)


Penulis : Silfa_Humairah
Editor : Muhammad Tazli
Sumber : Tribun Medan
 
Laporan wartawan Tribun Medan/Silfa Humairah

TRIBUN-MEDAN.com, Medan
 - Unimed memang  konsentrasi mendidik mahasiswa untuk menjadikan mereka seorang pendidik. Tapi hal ini tidak membatasi atau menutup kemungkinan mereka jadi pegawai di pemerintahan yang serasi dengan jurusan mereka.
 
“Mahasiswa FIS dasarnya dididik menjadi guru SMP,SMA,dan SMK. Tapi ada juga alumni yang bekerja di bagian penelitian pertanahan karena jurusan yang dibidanginya Geografi adapula yang jadi pegawai. Jadi tidak ada yang perlu ditakuti selagi kita berkompeten di bidang kita,”kata Dekan Fakultas Ilmu Sosial, Restu Heriadi.(Cr1/Tribun-Medan.com)

Penulis : Silfa_Humairah
Editor : Wiwi
Sumber : Sriwijaya Post
 
Medan (ANTARA News) - Sebanyak 1.526 siswa yang mendaftar program Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) tahun 2012 jalur undangan, dinyatakan lulus diterima di Universitas Sumatera Utara yang akan menempati 47 program studi di perguruan tinggi negeri itu.

"Sesuai dengan pengumuman panitia pusat SNMPTN tahun 2012, USU melalui SNMPTN jalur undangan tahun akademik 2012/2013 menerima sebanyak 1.526 orang mahasiswa baru untuk 47 program studi S-1 reguler," kata Humas Universitas Sumatera Utara (USU) Bisru Hafi di Medan, Minggu.

Ia mengatakan bagi calon mahasiswa yang telah lulus seleksi tersebut, selanjutnya diwajibkan melakukan pelaporan pada tanggal 12 Juni 2012 pukul 08.00 WIB untuk eksakta dan 13 Juni 2012 pukul 10.30 WIB untuk non eksakta di Gelanggang Mahasiswa Jalan Universitas Kampus USU Medan. 

Pelaporan tidak dapat diwakilkan dan harus dilakukan langsung oleh calon mahasiswa yang bersangkutan. Untuk informasi dan syarat pelaporan lebih lanjut dapat dilihat di www.usu.ac.id. 

"Kalau tidak mendaftar pada tanggal itu maka dianggap mengundurkan diri atau gugur," katanya.

Saat pelaporan, lanjut dia, harus membawa kartu peserta SNMPTN jalur undangan asli, raport asli, ijazah asli, dan Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN).

Bila SKHUN atau ijazah asli belum keluar, dapat membawa surat keterangan lulus yang diterbitkan oleh sekolah asal dengan dilengkapi pas photo ukuran 3x4 dan surat ganti nama bagi yang pernah ganti nama.

Kemudian, fotokopi kartu tanda siswa atau sejenisnya sebagai bukti siswa aktif, surat keterangan tentang peringkat siswa di kelas dan bukti pendukung prestasi lain di bidang keilmuan/akademi yang disahkan oleh kepala sekolah masing-masing.

Turut juga dilapirkan surat keterangan penghasilan orang tua atau surat keterangan tidak mampu yang dapat dibuktikan kebenarannya yang dikeluarkan oleh kepala desa/kepala dusun atau instansi tempat orang tua bekerja/tokoh masyarakat.

"Juga dibawa fotokopi kartu keluarga, fotokopi rekening listrik atau bukti pembayaran PBB dari orang tua atau wali. Bagi peserta yang terlambat melakukan pelaporan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan maka kelulusannya dapat dibatalkan," katanya.

(KR-JRD) Editor: Fitri Supratiwi

COPYRIGHT © 2012

 
Medan (ANTARA News) - Mahasiswa Universitas Sumatera Utara mengembangkan mobil hemat energi dan ramah lingkungan yang diberi nama "Mesin USU" hasil karya 14 mahasiswa Fakultas Teknik perguruan tinggi negeri itu.

Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Prof Syahril Pasaribu di Medan Senin mengatakan, mobil hemat energi "Mesin USU" akan diikutkan pada lomba Shell Eco Marathon (SEM) Asia pada Juli 2012 di Sirkuit Sepang, Malaysia yang juga diikuti 145 tim dari 17 negara.

Selain USU, dalam lomba tersebut Indonesia juga akan diwakili oleh 17 tim lain yakni empat tim dari Institut Teknologi Bandung (ITB), tiga tim dari Institut Teknologi Surabaya (ITS), dua tim dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Kemudian tiga tim dari Universitas Indonesia (UI), satu tim Politeknik Negeri Jakarta, dua tim dari Politeknik Negeri Pontianak (Polnep), satu tim universitas Gadjah Mada (UGM), dan satu tim dari Politeknik Manufaktur Negeri (Polman) Bandung. 

USU sendiri mengirimkan satu tim yang diberi nama tim "Horas". Ke-14 mahasiswa yang akan mengikuti lomba itu juga diharapkan dapat membawa semangat yang dapat mewakili semua warga Sumatera Utara.

Manager tim Horas, Munawir R Siregar mengatakan masih ada beberapa bulan lagi untuk memperbaiki kekurangan yang terdapat pada kendaraan tersebut, terutama dalam hal mengurangi bobot mobil. Mereka menargetkan bahan bakar sebesar 200/km/liter untuk mobil Mesin USU yang diciptakan itu.

Pemenang Shell-Eco Marathon adalah kendaraan yang dapat bergerak jarak terjauh dengan menggunakan bahan bakar atau energi paling sedikit. 
(KR-JRD)Editor: Aditia Maruli

COPYRIGHT © 2012

    Author

    Write something about yourself. No need to be fancy, just an overview.

    Archives

    July 2012

    Categories

    All


Copyright @2012 Medan Retweet